RSS

Pengalaman Peminjaman Motor untuk Liburan di Jogja



Hallo! Akhirnya gue nge-blog lagi. Setelah sekian lama. Hahaha.

Oke, jadi gini. Gue mau review pengalaman gue tentang penyewaan/peminjaman motor di Jogja. Yah biasanya buat yang lagi liburan or mau liburan ke Jogja dan lebih memilih untuk meminjam motor di tempat penyewaan motor yang ada di Jogja, berikut ada review dari gue yang semoga aja membantu. Oke check this out!

Hal-hal yang perlu kalian lakukan sebelum menyewa motor:

  • Coba deh cari-cari di internet trus kalian bandingin harganya, siapa tau dapet yang paling murah, hehehe.
  • Setelah dapet yang murah, coba kalian cek, apakah iklan penyewaan motor itu terpercaya atau engga? Gimana cara nge-ceknya? Bisa dengan kalian liat review dari pelanggan yang pernah nyewa ditempat tersebut.
  • Kalian booking deh. Kalau bisa sih jangan sampe bayar full dulu sebelum kalian sampe di Jogja, bayar aja dulu DP nya.

Kalau kalian udah ngebooking salah satu tempat penyewaan motor dan kalian udah sampe di Jogja, nah ada nih beberapa tips (sederhana) dari gue buat apa aja sih yang harus di cek pada saat survey motornya?

  • Cek Rem depan dan Rem Belakang. Guys, This is really really important. Apalagi yang dengan tujuan tempat wisata yang ada di bantul atau gung kidul. Karena track untuk menuju tempat wisata yang ada di bukit-bukit gitu jalanannya naek-turun gitu. Kan bahaya kalau rem nya ga pakem atau lebih parah lagi kalau rem nya ga berfungsi.
  • Cek Ban. Apakah ban motornya gundul? Ini bahaya guys apalagi kalau lagi musim hujan.
  •  Cek Gas nya. Maksudnya apa nih cek gas? Maksudnya tuh tarikan gas motor tersebut. Apakah ada masalah di tarikan gas nya?

  • Cek Lampu Sein kanan-kiri.
  • Cek Lampu Depan dan Lampu belakang. Lampu Rem jangan lupa. Apalagi yang mau jalan-jalan pas malem or pas pagi buta udah mau jalan, nah ini penting loh.
  • Cek Bensinnya. Biasanya sih pas motornya dianterin atau pas kita lagi mau ngambil motor di tempat penyewaannya, bensin yang ada di motor biasanya tinggal dikiiiiiittttt banget deh. Mendingan pas kita emang udah fix  minjem motornya, langsung aja isi bensinnya. Oh iya FYI aja sih, SPBU di Jogja biasanya Cuma buka sampe jam 9/10 malem doang.

Gue mau sedikit cerita nih tentang pengalaman gue nyewa motor di Jogja. Jadi, gue nyewa 4 motor, yaitu Beat CW Injection nya 2, Mio J, dan Mio GT. Berhubung setelah satu hari dipake, dan ternyata baru ngeh kalau ban-nya botak. Sedangkan besoknya gue mau ke kebun buah mangunan yang track nya lumayan naek-turun, trus lagi musim hujan juga. Akhirnya gue ganti deh jadi Mio Soul GT. 

Dari ke empat motor tersebut, peringkat pertama untuk kenyamanan yaaaa yang pertama Beat CW Injection, kedua Mio Soul GT, dan yang terakhir Mio J. Kenapa gue bisa menyimpulkan kayak gini? Karena motor Beat CW nya masih tergolong masih baru, yah kira-kira baru 2 tahunan lah. Begitu pula dengan Mio Soul GT nya. Tapi, karena gue seorang perempuan yang pendek, jadinya kurang cocok sama Mio Soul GT yang punya body gede dan tinggi. Nah peringkat terakhir itu Mio J, karena motor Mio J yang gue sewa mesinnya udah lumayan cukup jelek. Dimulai dari rem nya yang ga pakem, tarikan gas nya yang cukup berat (sampe gue ga sanggup buat nanjak pas di track menuju Kalibiru, padahal gue ga nge-boncengin siapa pun), Gas nya yang kegedean, nah ini yang mengakibatkan boros bensin. Padahal sebenernya mah Mio J itu irit loh kalau soal bensin. Mungkin karena ini motor sewaan yang sering dipake buat pergi jauh-jauh, trus mungkin kurang diperhatikan kondisinya, jadinya gini deh.

Overall buat pengalaman gue, kali aja gitu gue bakal nge trip lagi ke Jogja dan kalau emang harus nyewa motor, yang jadi pertimbangan gue adalah kalau bisa sih motor yang keluaran terbaru, trus lebih mengutamakan merk Honda (bukan endorse!), daaaaaan yang paling murah dan nyaman. Hehehehe.

WARNING!!! Ini ga ada maksud untuk meng-endorse merk tertentu, tidak ada maksud untuk menjelek-jelekan merk tertentu. Ini murni review dari pengalaman gue aja.
Okeh, mungkin cukup sekian review dari gue. Semoga Bermanfaat! See ya!

0 komentar:

Posting Komentar